Alergi Gatal Pada Kulit: Cara Mengatasinya

Gatal alergi pada kulit adalah karakteristik reaksi tidak sehat terhadap konsumsi alergen. Ini adalah gejala yang relatif tidak menyenangkan, yang sering kali disertai dengan ruam. Dan karena fakta bahwa kulit memburuk, itu benar-benar mulai “pecah”, menyebabkan infeksi sekunder di daerah yang terkena. Kami mempertimbangkan dalam artikel cara meredakan gatal alergi secepat dan seaman mungkin.

Yang menyebabkan gatal parah

Reaksi alergi apa pun pada kulit disebabkan oleh peningkatan kepekaan terhadap efek iritan. Begitu alergen masuk ke dalam tubuh, histamin mulai dilepaskan, menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Menurut SehatQ, alergi tidak hanya menyebabkan gatal, tetapi patologi lain juga dapat berkontribusi pada ini. Jadi noda kulit gatal dalam situasi berikut.

  • Dermatitis kontak. Area kontak dengan alergen mulai terasa gatal, merah. Area yang terbakar disertai dengan lepuh dan lecet. Antihistamin menghilangkan gejala negatif utama, tetapi perlu menghentikan kontak dengan alergen, jika tidak, ruam gatal akan muncul dengan kekuatan yang lebih besar.
  • Eksim alergi. Penyakit kronis lainnya, ditandai dengan banyak ruam, lepuh, dikelompokkan ke dalam area kulit yang terpisah. Saat gigi berlubang ini pecah, kulit terus terasa gatal. Untuk alasan ini, pasien mulai mengalami pembengkakan, yang menyebabkan infeksi sekunder. Salep antihistamin dan obat sistemik untuk gatal-gatal juga bisa meredakan alergi gatal semacam ini. Pengobatan dimulai secepat mungkin, karena eksim mikroba yang dihilangkan sangat bermasalah.
  • Alergi kulit menurut jenis urtikaria. Ini adalah karakteristik ruam, yang merupakan reaksi terhadap makanan, tindakan serangga, serbuk sari tanaman. Ada alergi pada kaki, tangan, wajah, di seluruh tubuh. Perawatannya tidak selalu diperlukan, karena penyakitnya bisa cepat hilang dengan sendirinya.
  • Dermatitis atopik. Penyakit ini ditandai dengan pembentukan lepuh, yang integritasnya secara teratur terputus dan kemudian mulai mengering. Kelembaban secara teratur muncul di kulit kayu dan area tubuh yang terkena terasa gatal. Penyakit ini menyerang anak-anak dan orang dewasa. Pengobatan penyakit ini bergejala – krim, salep atau gel dengan antihistamin dioleskan ke kulit. Anak-anak yang lebih tua mungkin menerima pil gatal dan obat sistemik lainnya. Jika pengobatan ini tidak bekerja, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan tindakan medis secepatnya.

Hidung gatal

Alergi gatal bisa berada di daerah sensitif tertentu. Hal ini sangat umum terjadi pada hidung karena iritan terbawa ke udara. Bisa berupa jamur, debu, partikel epitel hewan, bahan kimia aerosol, serbuk sari tanaman, bakteri, dll. Bagaimana cara menghilangkan rasa gatal ini?

Pertama kali disarankan untuk menghitung mengapa alergi semacam itu terjadi dan untuk mengecualikan penetrasi iritan ke dalam rongga hidung. Setelah setiap jalan kaki sebaiknya juga melakukan cuci hidung, jaga kebersihan rumah dengan sempurna, hindari kontak dengan hewan. Pengobatan terdiri dari penggunaan antihistamin hidung.

Mata gatal

Karakteristik ini disebabkan oleh adanya antigen di udara. Misalnya alergi pada wajah bisa terjadi akibat debu, jamur, jambul dan bau. Biasanya gatal ditambah dengan pilek yang parah, bersin, kemerahan pada area mata, kekeringan. Gatal pada mata bisa menyebabkan alergi dermatitis, konjungtivitis, alergi konjungtivitis, terutama kebakaran.

Bagaimana cara menghilangkan gejala ini? Dokter meresepkan salep mata yang mengandung antihistamin dan juga mencari serta menghilangkan sumber iritasi.

Alergi tangan

Tangan paling sering bersentuhan dengan berbagai zat yang tidak diketahui, sehingga iritasi kulit adalah fenomena yang umum dan khas. Proses berlanjut dengan terciptanya lepuh, area merah. Penting untuk mengobatinya dan menghindari tumpang tindih infeksi sekunder.

Gatal alergi terjadi sebagai akibat kontak rutin dengan alergen di rumah, serta kontak dengan alergen makanan pada kulit. Untuk meredakan gatal alergi, disarankan untuk memilih krim emolien yang baik serta salep dengan antihistamin.

  • Partner links